Monday, March 29, 2010

Pengen kerja...

Suka duka dalam interview??
banyak banget kok... apalagi buat gue mahasiswa yang ip nya hanya 2,5 sementara saat kelulusan gue semua company mensyaratkan ip minimal diterima bekerja adalah 2,75... apes?? bukan apes sih tapi terlalu bego ;p

Kabur dari interview
Ini kejadian pas interview di salah satu produsen mobil di deket pim. Seperti biasa gue udah rapi dan siap interview, gue datang deh ke salah satu kantor produsen mobil di samping pim. Setelah ketemu sama seorang ibu-ibu senior akhirnya gue dikasih 3 soal untuk dikerjakan, dia bilang "tolong kerjakan soal-soal ini dalam waktu 1 jam, nanti saya kembali lagi!".

Begitu dia pergi, gue liat soalnya sih cuma dikit tapi semuanya tentang pembukuan, buat buku kas besar lah, di buat jadi sistim akunting 2 lajur lah, dll.. Gue kaga ngerti semua, nilai mata kuliah untuk pelajaran ini C semua dan itu juga untung2an karena dosen nya demen olah raga ;p
Akhirnya selama 1 jam gue ngerjain sebisa gue aja, si ibu-ibu itu datang lagi dan duduk di depan gue....dia liat 3 soalnya dan mulai mikir...mungkin dia mikir gini "gila, nih anak...salah semua dan amburadul!!!" Bego amat ya!!! akhirnya dia bilang, "kamu kaga bisa akunting?? gue jawab, "kaga bisa bu kebetulan memang nilai saya agak kurang untuk mata kuliah ini" (dengan poloz dan tampang melaz).

Terus dia nanya balik, "kamu bisa perpajakan??" (seeprtinya dia berharap gue jawab" iya"), gue bilang, "kaga bisa bu"! si ibu, "terus kamu bisa nya apa ya??" gue jawab nya, "waktu kuliah sih saya tertarik dengan marketing, spesifiknya marketing kredit".

"Kalau kamu jualan mobil keluaran principal kita bisa kaga? target nya sebulan jualan 4 mobil", bisa kaga? (dia berharap gue ngomng bisa hihihi), akhirnya gue jawab "bisa bu" (tapi datar).
Sebentar ya, saya akan panggil rekan saya di bagian sales dan marketing, kata dia. Terus dia pergi keluar ruangan dan berjalan di lorong ke arah yang menjauh gitu, terus gue liat kanan kiri gue keluar ruangan dan ijin sama security nya mau ke toilet. security nya nunjukin arah toilet nya...pas gue jalan ke arah toilet gue ngeliat ada tulisan "exit", ya udah akhirnya gue milih ke arah "exit".... buka pintu terus jalan bentar akhirnya gue liat parkiran yang mengarah ke pim....
"Bebas dari kebodohan!!!" gue berteriak seperti itu....gue langsung jalan di parkiran dan buru2 supaya kaga keliatan dari kaca jendela ruang kantor... gue takut si ibu-ibu itu liat gue dan manggil2 security nya dan disuruh balik ketemu sama boz sales dan marketing nya.
Begitu keluar parkiran gue langsung nyebrang jalan ke pim...hihihi gue telah melakukan hal yang memalukan....bodoh, ilmu selama kuliah kaga ada yang nyangkut, kaga berani jualan dan kaburrrr.

Kepanjangan CIC
Napa judulnya kepanjangan CIC??? ini pertanyaan yang ditanyakan oleh penguji psikotest di Bank CIC diakhir tes yang diikuti oleh sekitar 30 orang muda yang pengen mencoba kerja.

Dia nanya nya di depan kelas tes, sambil mengumpulkan soal piskotest terakhir....dia bilang gini. "ngomong2, di kelas ini ada yang bisa jawab, apa kepanjangan dari CIC Bank?"....u know what...semua peserta yang rapi dan pinter2 itu kaga ada yang atau apa kepanjangan CIC !!!
Mereka kaga tau bank tempat mereka melamar kerjaan, mereka kaga tau CIC itu bank apa? lokal? foreign? semuanya kaga ada yang tau loh...hebat kan!! (termasuk gue sih hihihi).

Akhirnya dengan sangat bergaya, si pengetes nya bilang, "mungkin ada baiknya kalian semua mencari tahu lebih dahulu tempat dimana kalian mau bekerja, karena bagaimana bisa kalian udah cape-cape tes tapi nama kepanjangan bank nya pun tidak tau".

Hebat tuh orang, sampai sekarang masih gue inget tuh kata2 nya dia. Tapi memang bener sih, bagi orang-orang yang baru lulus kuliah dan berharap bisa dapat kerja seperti gue, ditelpon dan disuruh datang untuk interview pun udah merupakan prestasi yang penuh harapan....sampai lupa...apa bener perusahaan yang nelpon qualified atau cuma buang-buang waktu dan energi datang kesananya ;p

Tapi semua ada jalannya dari Tuhan, mau tau kaga mengenai CIC Bank ini sekarang...? bank ini udah kaga ada dan udah merger 2 tahun lalu dengan nama baru. Kira-kira kemana ya sekarang si bapak-bapak yang jagain kelas psikotes gue itu ya??

Sepatu Copot
Selama kuliah hanya punya sepatu bagus 1 buah, ini juga kadang-kadang dipake hanya buat pas pacaran, sisanya kemana-mana pake sepatu sport.

Nah suatu ketika dapat panggilan interview ke bank "sakit kulit" di WTC, tau kaga Bank Sakit Kulit itu apa?? itu loh Bank Exim ;p. karena udah sering dipanggil interview dan kaga pernah lolos alias gagal mulu akhirnya gue berharap banget nih untuk dapetin kerjaan ini..jadi apa ajalah gpp yang penting kerja...(gawat kan, udah depresi karena malu).

Karena sepatu lebih sering disimpen karena takut rusak, gue udah lama banget kaga pernah pake sepatu ini, begitu turun dari mobil dan jalan menuju ke kantor bank sakit kulit itu....sepatu bagian depan tapak nya copot....waduh gue langsung panik karena sepatu sudah mengganga lebar kaya naga laper gitu kan....sementara waktu interview udah mepet banget....akhirnya gue balik ke mobil nyari tukang tambal sepatu di sekitar area Kuningan...karena kaga ada akhirnya gue ke kampus gue deh kan disana banyak toko tempat buat sepatu cewe...karena buru2 dan supaya kuat, kaga bisa di lem, jadinya dipaku pake paku2 kecil gitu di sekeliling bagian depan yang coplok.
Berhasil!!! Gue balik lagi menuju kantor bank sakit kulit, sampai disana untungnya belum telat, tapi yang bikin menyiksa sih, pas nyampe di lobby bank nya, dikasih tau harus ketemunya dilantai atas, akhirnya gue jalan lagi menuju lift, pas jalan ternyata ada satu dua paku yang nuncep ke telapak gue, bisa gue akalin sih tapi dengan jalan rada miring...akhirnya supaya kaga ketuncep paku ya gue jalan miring untuk ketemu orang yg bakal interview gue...wah parah deh.

Setelah interview gue langsung buru-buru ke ciboy dan copot sepatu...waduhh sakit booo...
jadi deh pengalaman hari itu "interview di bank sakit kulit juga jadi sakit kaki.

No comments:

Post a Comment