Tuesday, March 30, 2010

Pengen kerja... (lanjutan)

Setelah lulus kuliah di feb 97, gue mulai ngelamar kesana kemari...udah bener-bener mirip si doel deh...bawa-bawa lamaran pakai amplop coklat dan ninggalin di kantor-kantor di sepanjang jalan sudirman dan thamrin...jalan kaki di trotoarnya siang-siang pas panas-panas nya.

Ada juga lamaran yang gue kirim by pos, kalau by email...belum ngerti karena kan harus scan dokumen2nya segala macem gitu..masih ribet lah buat gue pas jaman dulu ;o) Sampai suatu ketika gue dapat telpon di rumah untuk siap interview di salah satu gedung kantor di Sudirman, wah keren banget kan gedung nya di Sudirman bow (gaya banget)...pasti kantornya keren dan kerjaan nya lumayan lah ya....posisi yang ditawarin adalah marketing, tapi belum di kasih tau marketing apaan.

Ya udah deh, jadi gue dari pagi udah siap-siap pakai baju yang mayan bagus dan rapi he2...(menurut gue dan belum tentu menurut orang lain). untuk ngindarin 3 in1 akhirnya gue lewat Kuningan dan nyampe deh di gedung itu, gue langsung ke kantornya di lantai 11an deh kalo kaga salah.

Ketemuan sama sekretarisnya terus disuruh tunggu di ruang meeting si boz, sekitar 10 menit tunggu karena si boz belum muncul akhirnya gue liat2 aja lemari dan meja yang berisi banyak banget gambar2 dan foto burung unta. Gue kaga ngerti napa banyak banget foto dan gambar burung unta di setiap ruangannya dia, bahkan ada miniatur telur burung unta yang mayan besar deh di taro dalam lemari kaca yang model lemari berlian di ruangan pameran gitu...jangan2 si boz ini shio nya burung unta...hmm..tapi mana ada shio burung unta kan ;o)

Begitu si boz nya masuk, akhirnya setelah kenalan dia mulai deh bercerita mengenai company nya. Inti nya adalah gue harus bisa menjual produk investasi berternak burung unta di Australia bagi orang2 kaya di Indonesia yang ingin bentuk investasi yang menarik dibandingkan deposito dan tabungan.

Dia banyak jelasin dari burung unta yang daging nya rendah kolesterol dan udah mulai banyak dikonsumsi oleh orang2 kaya, bulu nya bisa dibuat tas dan baju, kulit burung unta dibuat hiasan-hiasan, telurnya juga dapat dimakan terutama di resto-resto yang mahal, dll....pokoknya dari semua badan burung unta dapat dipakai, digunakan, dijual sehingga investasi di pertenakan burung unta akan sangat menguntungkan. Dalam setahun keuntungan investasi bisa mencapai 30-40%, angka ini jauh dari rate deposito di jaman itu bahkan disaat ini.

Terus akan ada wisata khusus bagi orang2 kaya yang melakukan investasi apabila mau melihat peternakan burung unta dan sekaligus jalan-jalan ke Australia ck ck ck .....hebat banget ya. tapi selama dia ngomong ngalur ngidul panjang lebar dan berbusa, gue selalu mikir, gimana ya cara jualannya ke orang? apa yang musti gue kasih tau ke mereka ya? masa tiba2 gue telepon atau datang nawarin, pak..bu...ini ada investasi menarik, bunga besar...nama investasi nya adalah investasi burung unta!!! duh..gue udah ngerasa bakal kaga berhasil dengan jualan produk ini...selama belajar mata kuliah marketing di kampus dengan buku cetak kopian...gue belajar...dalam marketing ada namanya 4 P.

Place, price, product, promotion. coba ya kita analisa satu-satu ...

Place
Yang pasti gue sendiri belum pernah ke Australia, belum pernah liat peternakan unta...gimana gue bisa menjual dan menjelaskan mengenai peternakan burung unta? penyakit nya apa? kebiasaan burung unta seperti apa? usia burung unta? dll....satu-satunya burung unta yang pernah gue liat adalah di Ragunan yang kandangannya deket banget sama lapangan basket tempat gue latian...tiap pergi dan pulang latian gue selalu liat burung unta itu, tidak terawat, bulunya banyak yang rontok (hampir botak malahan), sendirian, mata nya sayu segan hidup, dan pernah temen gue nimpukin batu kecil eh batu nya di makan dan ditelen...nah gue bingung deh....apa bener burung unta makannya batu or rumput??

Price
Harga investasi menggunakan US dollar, kalo kaga salah dibagi menjadi investasi 1000, 2000, 5000, 10.000 dan seterusnya dengan tingkat pengembalian yang 30-40% tadi. Tapi nilai uang US segitu udh besar banget kan jaman dulu, pastinya susah deh jualan produk burung UNTA....kaga familiar banget ya....mirip big bird di kartun ;o)

Product
Product nya buat gue yang baru lulus kuliah si aneh banget...gimana buat orang kaya ya....jualan product rumah real estate masih mending lah....;p

Promotion
Gue kaga pernah tuh liat promosi investasi burung unta di koran, tipi dll....hmm gmana juga orang mau tau mengenai produk yang gue jual ya...

Akhir kata gue sejak awal dia cerita kaga tertarik tapi karena dia cerita terus kaga berhenti-henti ya gue dengerin aja dia ngomong...sampai sekitar 2 jam ngobrol dia bilang ngini..."kalau saya liat sepertinya kamu kurang tertarik ya jadi marketing burung unta? ini produk bagus loh, beda dengan yang lain...ini merupakan peluang kamu! tapi ya kamu boleh pikir2 lagi kalau belum memutuskan bergabung, gimana??"

Gue lalu jawab, gue perlu waktu untuk diskusi dan mikir mengenai penawarannya ini (perlu nanya bagus kaga ya jadi marketing burung unta ke ot gue) haha...jadi gue akan memberikan kabar secepatnya....
Terus dia bilang lagi, "ok, kalo kamu udah siap kamu telpon saya atau sekretaris saya yang tadi ketemu dan kamu bisa mulai kerja".

Dari saat pulang sampai sekarang gue kaga pernah telpon dia, sekretaris dan company nya lagi ;p

Aufwiedersehen burung unta!!! ;p

No comments:

Post a Comment