Saturday, November 14, 2009

Streetbucks

Kompetitor starbucks??? seharusnya tidak karena segmen customernya sangat berbeda jauh.
Seperti kita ketahui, kalau di ngopi di Starbucks kita dapat menikmati nuansa ngopi yang berbeda dengan ruangan yang tertata rapi berpadu dengan sofa-sofa empuk, kursi-kursi kayu yang elegan, disediakan berbagai macam majalah life style & koran terbaru, fasilitas wifi serta tersedia pula berbagai macam cake dan souvenir yang lucu juga terdapat pula pembagian area non smoking dan smoking.
Nongkrong berlama-lama di tempat ini juga akan terlihat sangat gaya, apalagi pada saat yang bersamaan bisa mengupdate status di facebook, bbm, ym, dll kalo “sedang nongkrong bareng temen-temen” di sini.
Nah ternyata ngopi pada segmen customer yang berbeda pun ada, dengan suasana yang berbeda pula. Ternyata fenomena “ngopi streetbucks” sudah lama berjalan dan tersebar di sudut-sudut kota Jakarta, baik di area elit segitiga emas maupun sampai ke area pinggiran khususnya pabrikan.
Streetbucks di area elit segitiga emas dapat ditemui di area Menteng, Theresia, Perkantoran Thamrin-Sudirman, Mega Kuningan, SCBD, dll.
Streetbucks juga memiliki customer yang beragam dari pekerja kantoran, pekerja shift, pegawai Pemda, supir, security, polisi, pedagang, petugas kebersihan, petugas parkir, satpol pamong praja, kondektur, dll.
Streetbucks juga menyediakan minuman yang beragam seperti kopi hitam, kopi susu, kopi instant 3 in 1, teh dan yang membedakan dengan starbucks, streetbucks menyediakan bajigur instant yang enak, hangat dinikmati saat hujan ;o)
Streetbucks tidak menyediakan ruangan non smoking maupun smoking, pokoknya terserah customer nya, mau smoking boleh, kaga smoking juga boleh, lah kan ngopi nya dipinggir jalan.
Streetbucks memiliki mobilitas yang tinggi dan dapat berpindah tempat setiap saat tergantung feeling yang jualan dan yang pasti bisa buka full 24 jam.
Ciri-ciri fenomena pedagang streetbucks :

- Penjualnya membawa sepeda berkeliling mendekati customer pembeli (jemput bola)
- Tersedia kotak di bagian kanan dan kiri sepeda untuk tempat termos panas. Kotak tersebut
biasanya terdiri dari 2 - 4 termos panas serta gelas dan gelas plastik.
- Pilihan kopi dan bajigur instant tersedia digantung dibagian depan, kanan dan kiri sepeda
sehingga dapat terlihat dari jauh oleh customer ;p
- Tersedia pula rokok bungkus dengan berbagai macam merk yang dapat dibeli satuan.
Jadi kalau mau mencoba ngopi dengan suasana berbeda dengan ngopi di mal, gampang kok...cari aja streetbucks di pinngir jalan area Menteng, Sudirman – Thamrin :o)

No comments:

Post a Comment