Friday, September 4, 2009

Metromini



Rapat belakaaaaaang!!!!

Teriakan ini pasti selalu terdengar nih kalo kita sedang menggunakan transportasi metro mini…
Biasanya diteriakan oleh anak buahnya bang bonar (the driver) ;p sambil bergelantungan di pintu..tangan kanan megang pintu…tangan kiri pegang uang kertas dan recehan dan melambai-lambai….teriakan ini apabila sedang ada metromini saingan yang sudah ada dibelakang dan hendak menyusul.

Dari pertama kali nyobain naik metromini tahun 85an sampai sekarang…kondisi bus nya masih tetep sama ya…tidak ada perubahan yang berarti. Tetep berisik..tetep menggunakan angin cuek..tetep ngebut dan yang pasti tetep akan dioper-oper kalo bang bonarnya males nganter sampai terminal.

Kondisi bus

Biasanya seluruh bagian dashboard udah banyak dimodifikasi…dan tambal sulam..lampu panel yang kaga nyala lagi…posisi bangku supir yang sudah bergeser ke kanan dan mepet dengan pintu supir…supaya lebih mudah senderan 1 tangan selama nyetir dan supaya bagian tengah depan lebih luang untuk barang atau bangku tambahan. Posisi persneling juga dimodifikasi…jadi lebih panjang dan biasa dibuat miring ke kanan..agar lebih dekat dengan posisi bangku supir yang duduknya di kanan..

Bangku yang tersedia sudah dimodifkasi dan dibuat jarak nya dekat-dekat dan mepet-mepet agar area tempat berdiri lebih luas…dan biasanya ada bangku tambahan dari kayu yang memanjang dari arah kiri ke kanan di belakang bangku supir…nah yang duduk disini akan menghadap penumpang yang lain he2…seru kan karena ngadep nya kebelakang…

Accessories

Kalo bang bonar nya suka musik…pastinya ada audio tambahan tapi ya lagu nya terserah si bang bonar lah…penumpang kaga bisa request ;o)…

Lagu-lagu nya bervariasi….bisa lagu dari kota Medan (biar selalu inget kampung halaman) …lagu dangdut…lagu indonesia top 10 dan top 40 saat itu. Selain itu untuk bang bonar yang selalu ontime pasti akan pasang jam..cuma kadang suka kaga sesuai dengan metro mini nya..ada yang jam dinding bulat atau kotak…nah loh…berasa kaya di rumah jadi nya.

Solar
Karena panel pada dashboard semuanya tidak nyala dan tidak berfungsi lagi maka pas pengisian bahan bakar solar biasanya pakai feeling ….hebat ya.

Penumpang
Kalo kita pas mau naik metromini…pastinya pas nyetopin metromini…bus nya akan bener-bener tungguin sampai kita naik…tapi kondisi ini bisa berubah 360 derajat apabila kita mau turun….kadang metromini masih ditengah jalan udah disuruh turun dengan bantuan teriakan…."kaki kiri ya"!!!! atau turunannya kejauhan karena bang bonarnya males ngerem he2..

Nah siap-siap juga kalo terjadi perpindahan penumpang….dari yang sebelumnya kita dapat bangku terus pas pindah ke metromini yang satu lagi belum tentu dapat bangku…nasib deh.

No comments:

Post a Comment