Saturday, February 5, 2011

lovely19

Nama gue Katya, baru aja kembali ke Indonesia setelah gue nyelesain kuliah di Belanda. Gue ambil Master di bidang Hukum dan sempat magang di salah satu company disana. Balik ke Indonesia untuk bekerja untuk sebagian orang mungkin agak susah, tapi gue kebetulan sekali langsung diterima saat gue apply online ke salah satu Law Firm terkenal di Indonesia.

Lumayan lah akhirnya gue bisa mulai kerja, walau baru junior staff. Tapi dengan kerja di Law Firm ini, gue pasti banyak dapat pengalaman dan kenalan, senior-senior gue disini handle client-client besar baik local company dan foreign company yang punya representative office disini.

Awal nya pulang malam karena bekerja jadi beban buat gue karena beda banget dengan kuliah. Waktu kuliah gue gue juga sering begadang sih belajar dan baca buku-buku kuliah dan artikel mengenai Hukum dan kasus-kasus, kalau itu kan di kamar gue jadi gue cuek mau ngapain aja, tapi ini di kantor jadi suasananya beda aja. Gue juga sering banget pulang kantor jam 3 pagi berkutat dengan kerjaan di cubical gue yang terletak agak di pojok. Maklum deh karena masih junior staff dan masih baru, gue dapat cubical yang paling pojok dan jauh dari mana-mana. Cubical gue juga kebetulan tidak ada jendela yang bisa langsung lihat keluar kantor, jadinya gue hanya tau keadaan macet, hujan, panas dari twitter, bbm dan social network lainnya. Ya gitu deh agak-agak kuper di pojokan tapi tetep bisa terkoneksi dengan dunia luar dengan jaringan social network.

Minggu lalu gue sempet beli ipod, jadi kalau pulang malam atau selama kerja gue bisa dengerin lagu dan sambil konsen kerja. Oiya, benernya disamping cubical gue anak teman gue yang baru masuk juga, dia sudah 6 bulan disini tapi karena ada project yang harus dikerjakan di kantor client Law Firm gue, dia jadinya sering kerja di kantor client dan jarang banget ke kantor, palingan kalau lagi monthly reporting ke bos gue baru dia datang, itu juga sebentar terus langsung pergi lagi. Jadi lengkap deh gue, anak baru yang dipojokan kaga ada teman.
Cuma 2 hari lalu pas gue kebetulan lagi ada kerjaan dan harus selesai minggu depan, terpaksa deh gue harus ngerjain dan pulang agak pagi, yah sekitar jam 3an lewat deh. Tiba-tiba ada email masuk ke inbox gue, kalau liat alamat emailnya sih dari salah satu partner senior di sini, isi emailnya begini “halo Katya, still at office?” Aneh deh, selama 2 minggu kerja, gue cuma kenal beberapa orang disini, ini juga karena karyawan di sini lebih sering diluar kantor ke client, balik kantor juga sudah sibuk di ruangan masing-masing, pulang pagi dan bahkan kalau gue hitung-hitung gue cuma kenal dan sering ngobrol cuma 5 orang gitu.

Bos gue, Pak Michael lulusan Belanda juga dan gue sering banget denger nama dia dari beberapa dosen gue di sana, cum laude dan sempet diminta ngajar sama university nya, Mba Rini sekretarisnya dia, tapi mba Rini ini sih kalau jam 8 malam juga sudah pulang. Terus Pak Richard, senior partner yang ruangannya di sebelah Pak Michael karena suka ketemu kalau mau ke ruang Pak Michael. Si Tasya, junior staff kaya gue juga di cubical sebelah gue yang gue ceritain tadi dan Pa Edy, office boy di kantor ini, dia juga jam 8 malam juga sudah pulang. Kalau pas lunch time juga gue lebih sering makan dengan teman-teman gue yang kebetulan kantornya satu gedung atau dengan yang kantornya dekat sama kantor gue.

Aneh deh ini email, namanya Ramon...Ramon Espinosa nama lengkapnya. Kalau lihat namanya sih, bukan orang sini ya pastinya...orang Philiphine atau Amerika Latin nih...tapi gue sama sekali tidak pernah denger nama ini ya. Tapi bisa aja sih di kantor gue ada expatriate nya, soalnya gue sering liat beberapa orang bule, Philiphine dan singapore sering bolak balik di kantor ini, bisa jadi mereka expatriate yang di contract short term untuk beberapa kasus.

Akhirnya gue reply email nya, “yes, but will go home shortly” gue sengaja reply dengan singkat, soalnya gue tidak kenal jadi gue pakai kalimat singkat supaya email ini tidak berlanjut. Gue tunggu sampai beberapa menit tapi belum ada reply nya, akhirnya gue beresin semua perlengkapan gue, karena gue juga udah cape juga...gue masukin agenda, ipod, charger, dompet, bb ke tas dan pas baru mau matiin pc, tiba-tiba email gue di reply...”ok, take care”. Beneran aneh nih, singkat gitu email nya...udah ah besok aja gue liat lagi.

Gue berjalan nyusurin koridor kantor dan sambil iseng gue cek cubical dan ruangan yang masih ada orang nya....sebelah sisi kiri semua cubical sudah kosong, ada satu di pojok tapi ibu-ibu sih.....lewatin ruang meeting juga tidak ada orang....ruang Pak Michael dan Pak Richard juga kosong, seinget gue tadi siang gue denger Mba Rini sedang reserve hotel dan tiket untuk mereka berdua meeting di Singapore. Di sisi kanan juga tidak ada orang, ada 2 ruangan lagi kalau mau ke arah pintu keluar, isi nya cewe juga, dimana orang yang nama nya Ramon Espinosa ini ya??

Pas gue keluar cuma ada security aja, sambil nunggu lift, gue coba inget-inget lagi...alamat emailnya sih dari email kantor bukan dari external email atau private email, tapi yang di kantor kok cewe semua ya?? bingung....

Hari ini gue akhirnya ketemu sama client untuk pertama kali, biasanya gue hanya nerima dokumen terus gue buat summary, analisa dan cover dari sisi Hukum nya untuk bos gue, tapi kali ini client gue pengen ketemu langsung untuk nanya-nanya, apalagi bos gue lagi meeting di Singapore, jadi deh gue nemenin mereka untuk bahas ini itu. Meeting nya rada lama tapi akhirnya kelar juga, mereka puas dengan presentasi dan penjelasan gue....wah gue ngerasa sudah mirip partner senior yang bisa menyelesaikan sebuah case.

Sekarang gue sudah balik lagi ke cubical, pas gue liat inbox ada nama Ramon ini lagi. “apa ya kali ini isi emailnya? jadi penasaran” Gue klik inbox email nya dia ini, singkat bener...”good presentation, Katya!” Gila ini orang, gue kan tidak kenal dia....dan di ruangan itu kan cuma client gue dan gue...tidak orang lain yang di ruangan itu...tau dari mana gue bisa kasih presentation ke client??

Penasaran, gue akhirnya muter di ruangan kantor gue...ada beberapa cowo senior tapi yang gue tau nama-namanya bukan Ramon....di sisi yang lain juga banyakan cewe sih. Terus gue iseng ke meja nya Mba Rini, sekretaris nya Pak Michael, “halo mba, nanya dong mba...apa kantor kita ada cabang nya?”....si Mba Rini melonggo, “kantor cabang?...ya tidak ada....ya cuma ini...kenapa?” hmmm gue sekarang jadi bingung jawab nya, “eh tidak apa-apa mba, maaf” jawab gue sambil jalan ke cubical.

Sekarang gue sudah di meja gue, dan gue relpy emailnya, “thanks”. Lama gue tunggu belum ada reply nya....hmmm...gue beres-beres dulu deh, hari ini gue mau pulang cepat...gue mau ke gym...udah lama banget gue belum workout lagi. Begitu gue mau sign off pc, eh email gue di reply...”your welcome Katya, take care”. Sekali lagi gue berjalan di koridor kantor dan sambil liatin apakah ada yang namanya Ramon ini, tapi lagi-lagi tidak ada tuh.

Di mobil gue mikir, sebenar nya gue seneng sih dapat email–email ini, gue yang di kantor tidak ada teman, suasana kantor yang pada sibuk dan sangat individual...dapat email seperti ini seperti punya teman dan orang yang merhatiin gue....tapi siapa ya orang ini?? Sampai di gym, gue ambil kelas rpm, gue lagi males jogging hari ini, mending duduk sepedaan 1 jam..walau ternyata trainer nya energik banget..yang ada gue kecapean tapi bagus deh bisa workout..burn some calories abis ini mandi, pulang dan langsung tidur.

Hari ini di kantor tidak ada meeting, tapi gue musti menyiapakan dokumen dari client bos gue di Singapore. Hasil meeting kemarin ternyata client bos gue mau masuk ke Indonesia dan beli sebuah consumer goods yang cukup besar jaringannya di Indonesia dan mereka harus ikutan tender minggu depan. Pasti pulang malem lagi deh gue....aneh nya, kok gue sekarang malah nunggu-nunggu email si Ramon ini...iseng-iseng gue cuba seach di FB, gue ketik Ramon Espinosa..muncul tuh profile dia...cowo blasteran American – philiphine...handsome banget sih....ternyata dia kuliah di Ateneo University, master degree in Law International...ada beberapa foto dia yang pas main basket....masuk team basket Ateneo university dan sempat maen di Philiphine Amateur Basketball....Dia juga pernah magang di San Miguel Company, Purefood Company dan Law Firm Pineda and partners. Foto-foto nya lucu-lucu banget dan ada beberapa foto dengan anak-anak kantor gue. Bener kan, ternyata gue tidak salah...dia pasti anak kantor sini, tapi sudah 2 minggu gue tidak kenal dia kenapa dia email-email gue ya?? aneh!

Malamnya setelah seharian nyiapin dokumen, tiba-tiba ada email masuk di inbox gue...”halo Katya, still at office?” gue langsung jawab, “no...not yet, may i know you? Btw, lovely pics on your FB ;o)” dan dia reply, “you will know later Katya, anyway thanks for visiting my FB” hmm semakin penasaran gue sama si Ramon ini...

Pas jalan ke koridor, gue liat Pa Edi lagi bawa beberapa box kardus mover, sepertinya akan dikirim...gue sempat baca sekilas sih alamat kirim nya ke sebuah alamat di Philiphine..gue nanya ke Pak Edi, “malam-malam kirim barang ke mana Pak Edi”? “oh, ini mau dikirim ke Philiphine, karena ruangan yang dipojok dekat mesin fotocopy lagi mau dikosongin”, jawab Pak Edi. “oh...memang mau dikirim ke siapa?” tanya gue lagi. “semua barang-barang ini punya Bapak Ramon, karena Pak Ramon sudah tidak ada jadi Pak Michael menyuruh saya untuk mengirimkan nya ke alamat ini” jawab Pak Edi. “maksud nya tidak ada apa ya? apakah berhenti bekerja dan balik ke negara nya”? tanya saya cepat. “hmm non maaf, Pak Ramon sudah meninggal saat kembali liburan ke philiiphine, dia meninggal saat diving di Cebu” Pak Edi menjelaskan.

Gue kaget banget dengar penjelasan Pa Edi tadi, artinya selama ini yang email gue siapa? Kalau Ramon ini sudah meninggal artinya......gue sudah tidak bisa mikir lagi....gue buru-buru ke mobil dan langsung pulang.

Pagi ini gue ke kantor dengan perasaan aneh, seneng dapat email dari Ramon ini tapi kalau dia sudah meninggal kan ya serem aja. Gue buka pc gue dan gue liat email di inbox gue...ada email dari Ramon ini...”finally you knew it, please contact Kiara..lovely19” Apalagi ini...gue di suruh contact Kiara...lovely19...apa maksudnya?? Gue relpy email dia untuk jelasin maksudnya apa tapi tidak ada reply.

Setelah sudah 2 hari berlalu gue belum dapat reply email dia...sekarang hari Jumat, biasanya kalau Jumat di kantor gue sudah agak santai karena besok weekend....teman-teman di kantor banyak yang lunch agak jauh dan baru balik sore....tapi gue sudah berencana tidak mau kemana-mana....gue kepikiran terus sama email nya si Ramon ini...dan pengen cari info mengenai Kiara.

Lunch time, gue pesen makan untuk diantar ke kantor dan masih di meja gue untuk search FB nya Ramon ini...gue cari friend list nya dia yang namanya Kiara...setelah nyari-nyari..ah akhirnya gue dapat juga nih liat foto nya si Kiara.....loh kok si Kiara ini mirip gue banget...rambut...mata...badannnya..bahkan gaya pakaiannya mirip banget....ternyata mereka ini sering jalan kalau lihat foto-foto mereka...akhirnya gue add si Kiara ini...dan leave message kalau gue pengen kenal dan pengen ketemuan sama dia...gue jelasin kalau gue teman kerja nya Ramon di kantor.

Sore nya, si Kiara confirm FB gue...dan leave message kalau kantor dia tidak jauh dari kantor gue...dia bisa ketemuan di Cafe Coffee Corner sekitar jam 5 sore...dan dia juga kasih selular number nya.

Sore jam 4.30 gue udah nyampe di Cafe Coffe Corner, karena Jumat sore...banyak juga yang ngopi disini..mungkin sambil nunggu macet pikir gue...akhirnya gue pilih sofa yang agak di sudut menghadap gedung kantor gue...kalau di sudut pastinya nanti ngobrol juga tidak terganggu...gue sms Kiara dan kasih tau gue sudah di cafe, duduk di sudut pakai baju hitam.

Tepat jam 5, dia datang langsung mengenalkan diri...fresh banget tampang nya..dan bener-bener lovely...lovely?? kok seperti email nya Ramon ya....gila..ini cewe mirip gue banget...aneh!
Kiara cerita bahwa dia sudah lama tidak dapat kabar dari Ramon, dan dia tidak kenal temen-temen kantornya Ramon...walau sudah 3 bulan jalan tapi kebanyakan jalan justru bareng dengan teman-teman nya Kiara.
Hi Katya, so how’s Ramon now?, aku sudah contact dia selama dia balik ke Philiphine tapi belum pernah di balas...pastinya dia lagi sibuk banget ya?”, tanya Kiara...waduh..gue jadi bingung untuk buka pembicaraan dan jelasin ke dia. Terus gue bilang, “gue sebenarnya tidak kenal Ramon juga, dan mungkin selama ini kenapa Ramon belum kasih kabar ke Kiara selama di Philiphine karena memang dia tidak bisa...dan gue denger kabar dari orang kantor gue kalau Ramon sudah meninggal saat diving, dan dia titip pesen agar gue harus nemuin Kiara, untuk kasih tau mengenai lovely19 ini”..Mata Kiara berlinang denger penjelasan gue..dia kaget banget denger penjelasan gue dan berusaha untuk mengerti kenapa selama ini belum mendapat kabar dari Ramon.

Setelah Kiara dapat menguasai emosinya, dia bilang, “thanks, lovely adalah panggilan Ramon ke aku dan angka 19 adalah tanggal jadi kami berdua...hmm lovely19...jangan-jangan password email Ramon”

Akhirnya gue dan Kiara, membuka private email dia dengan password itu dan ternyata bisa...terus Kiara lihat ada draft email yang belum sempat disend oleh Ramon...

Hampir sekitar 10 menit, gue lihat Kiara membaca draft email itu dan menangis lagi...Kiara lalu menyuruh gue membaca draft email Ramon...gue baca dengan cepat dan terharu banget...inti emailnya adalah...setelah Ramon jalan 3 bulan jalan dengan Kiara, dia berencana liburan ini untuk cerita ke orang tuanya untuk menikahi Kiara, cewe Indonesia yang dia temui saat kerja di kantor gue...dan berencana untuk mengajak orang tua nya ke Indonesia melamar Kiara...namun semua rencana ini belum dapat dilakukan karena Ramon telah tiada saat diving di Cebu Beach. Kaget banget gue baca ini....dan yang pasti hati Kiara lebih kaget dan sedih.
Hampir seminggu gue tidak dapat kabar dari Kiara setelah pertemuan di Cafe Coffee Corner, tiba-tiba dia ngajak ketemuan di tempat yang sama setelah pulang kantor. Akhirnya kita ketemuan dan dia cerita bahwa 2 hari setelah kita ketemu, dia memutuskan untuk ke Philiphine bertemu keluarga dan ke makam Ramon. Kiara bilang, mungkin dengan email Ramon ke gue ini adalah cara Ramon menyampaikan pesan yang belum sempet dia sampaikan ke Kiara. Kiara lega banget akhirnya tahu alasan Ramon tidak dapat menghubunginya dan tahu bahwa Ramon punya rencana untuk dia, namun ternyata Tuhan punya rencana lain.

Balik dari cafe setelah bertemu dengan Kiara, ternyata gue harus balik ke kantor karena Pak Michael minta tolong ini untuk ambil dokumen di meja nya....sampai di kantor ada sebuah note memo dari Pak Michael yang isi nya” Katya, congrat for your first project, this company will be your client, well done”. Note nya sih hanya selembar kertas tapi inti nya adalah dokumen yang gue siapin beberapa waku lalu untuk company dari Singapore ternyata berhasil memenangkan tender dan membeli company consumer good itu...wah senang nya.

Iseng gue simpan note memo itu di atas meja gue, dan tidak tahu kenapa...gue nyalain pc gue....ada inbox masuk di email gue.....dari Ramon ternyata....”hi Katya, thanks a lot, take care, bye”.....gue reply email ya, “finally your Kiara feel happy and hope you happy too..take care, bye”.

Sambil berjalan di koridor kantor dan gue lewat di ruang Ramon....ruangan yang sudah kosong.

No comments:

Post a Comment