Thursday, May 27, 2010

Ciboy

Mobil gue si ciboy mungkin bagi orang lain butut sih tapi buat gue ya jadi temen perjalanan, jadi temen kemana-mana...transportasi gue sehari-hari...ini juga kalo kaga di pinjem sama pepop. Hampir semua rahasia gue, si ciboy tau lah...gue jalan sama sapa aja...ngapain aja...gue bandel sendiri kemana....dia tau kok hihi.

Pertama kali belajar mobil ya naik si ciboy ini...gue belajarnya di parkir timur. Dulu di parkir timur ada tempat belajar mobil dan banyak jalur ban gitu, tapi sekarang parkir timur ya dijadiin parkir beneran deh. Udah kaga bisa lagi liat orang latian belajar mobil disana.

Belajarnya juga susah, kaga power steering, kaga pake ac...kebayang kan? belajar nyetir mobil...stirnya berat dan panas...siang-siang pula...tapi alhasil bisa juga deh setelah beberapa kali nyetir dan udah bisa bawa mobil langsung dari Senayan ke Pasar Minggu...cie gaya banget gue...dan gue ambil rute kemang dan kemang timur a.k.a seminyak. Ternyata pas gue inget-inget lagi dari dulu pun gue juga suka lewat jalur itu karena relatif sepi, jadi seneng aja eh keterusan deh sampai sekarang.

Suka duka sama ciboy juga banyak, antara lain :

Mogok tiba-tiba tanpa pemberitahuan lebih dulu....ini mah sering banget...ya namanya juga mobil tua...lahirnya aja tahun 82...tapi mesin nya bandel...gue suka karena ac nya dingin...gue baru pasang ac pas dapat uang thr dari basket. Gue pasang ac di bengkel "AC Bagus" di Patal Senayan, sampai sekarang tuh bengkel masih ada dan ac nya dingin banget. Buat gue selama mobil bisa jalan, ada musik dan ac dingin, kaga masalahhhh.

Masuk angin, kalo mobil diesel yg lama, isi solar nya kg boleh kurang dari 1/4 tangki, kalo lewat dari 1/4 tangki dia langsung masuk angin dan musti di pompa, anginnya yang masuk ke mesin agar bisa di starter lagi. Rada mahal juga biaya nya klo sampai masuk angin.

Oli abis, ini karena memang kaga ngerti mobil, jadi hanya bisa bawa terus..berbulan-bulan bawa ciboy tapi kaga pernah ngisi oli...sampai satu ketika salah satu lampu panel nya nyala dan gambar nya kaya air netes dan ada tulisannya "oil". Pas gue tanya ke pepop ternyata oli nya pas di cek udah habiss....kebayang kaga, mobil kaga pake oli....ya mesin nya jadi panazzz membara ;o).

Pintu kanan depan copot, saking tuanya dan engsel pintu juga kaga kuat...akhirnya pernah waktu nyetir tiba-tiba pintu kanan depan a.k.a deket gue duduk, copot!!! akhirnya gue sambil nyetir ke bengkel megang pintu boo, supaya kaga jatuh ... buset deh...sial amat ya..

Pintu belakang juga kaga bisa di kunci, jadi mau kemana-mana ya mobil cuma di kunci pintu depan kanan dan kiri, pintu belakang mah kg pernah kekunci. jadi kg pernah ninggalin barang di mobil. Semuanya masuk tas dan tas nya gue bawa juga kemana-mana...mau kuliah ya bawa tas...mau latian ya bawa tas...mau ke mall ya gue bawa juga tas...kalo pegel gue titip di gramed or
hero...pura-pura beli sesuatu terus titip tas, nanti kalo udh mau pulang ya baru deh gue ambil.

Hampir kebakar, namanya mobil versi tua, posisi aki adanya di bawah tempat duduk depan kanan...a.k.a di atas gue klo nyetir...karena tutupan aki dan juga udah ilang...diganti tutup besi...nah karena per mobil juga keras banget akhirnya tiap jalan juga antara pala aki dan besi suka beradu...sampai kadang-kadang keluar percikan api or bau gosong dari bawah tempat duduk...nah kalo udh kaya gitu tandanya musti berhenti dan benerin tutup aki nya agar kaga kebakar ;p

Ban botak, karena sering jalan jauh dan kemana-mana mulu akhirnya ban mobil sering botak (ternyata kaga pala orang aja yang bisa botak ya, sama dong sama Taksibo he2). karena gajian basket suka telat dan kadang-kadang dipotong akhirnya kaga bisa beli ban baru a.k.a ban asli....jadi cuma mampu beli ban mobil vulkanisir alias cuma ban yang ditambah karet di bagian telapak nya....jadi sekitar 3 bulan harus ganti lagi....lucu deh ban nya...hanya baru dibagian telapak nya aja....

Pas tahun 96an pernah ada kebijakan baru dari polda, agar setiap kendaraan pake seatbelt..kalo kaga pake ntar didenda...nah denda nya cukup mahal...lah bingung dong gue...orang mobil tua..butut...mana ada seatbelt nya??? akhirnya nyari seatbelt bekas di cipete...sibuk tawar sini tawar sana yah akhirnya cuma mampu beli yang 150rb aja....looks like seatbelt beneran yang baru....plat besi nya mengkilat...sama orang nya dipasang di jok kanan dan kiri...kereeennnn...tapi karena harga nya 150rb/2 pcs...jadinya hanya bisa dipake a.k.a dicetekin kaya seatbelt pesawat...cuma yang beda adalah kaga bisa ditarik ulur kaya seatbelt yang mahal he2...yg penting kepasang dan bisa keliatan sama polisi......hihi bahkan waktu belum beli seatbelt karena belum gajian, gue selalu pake tas olahraga dan tali nya gue selempang di dada, jadi kalo sekilas diliat polisi ya mirip seatbelt asli ha2...(kismin dasar!).

Mobil dibilang mirip kotak sabun, pernah juga deh dapat omongan kaya gini, kalo kaga percaya liat aja foto nya ;p

Nginep di bengkel, ciboy pernah juga nginep lama di bengkel sekitar 1 bulan karena gue belum ada uang untuk nebus biaya perbaikan setelah mogok. jadi gue tinggal disana, pas gajian gue dateng tebus dan busett ciboy kotor amat....debu dimana-mana....walah....kacauuuuu deh.

ya begitulah kisah gue bareng si ciboy...walau banyak suka duka nya tapi gue seneng banget karena banyak cerita seru nya dan punya banyak hal yang lucu-lucu ;o)

No comments:

Post a Comment