Thursday, October 1, 2009


Source : www.perbasi.or.id

Dari perjalanan panjang sejarah bolabasket Indonesia 1951-2001 yang diambil dari
www.perbasi.or.id, gue juga sempet main loh, tapi kok peringatnya jauh bener ya ;o) > in blue

1989

URUTAN pada Angsapura Trophy III, 21-28 Januari: 1. Pahang State (Pahang, Malaysia), 2. Young One Sport Club (Penang, Malaysia), 3. Thai Union (Thailand), 4. SCDF (Singapura), 5. Halim (Kediri), 6. Tarumatex (Bandung), 7. Angsapura (Medan), 8. Banjar Utama (Banjarmasin).

TIM yunior Indonesia di posisi 10 pada Kejuaraan Asia Yunior Putra X di Manila, 24 Januari – 2 Februari. Gelar juara direbut Cina, Cina Taipei, dan Filipina. Seluruhnya, hadir 16 tim.

INDONESIA bercokol di tempat keempat Kejuaraan Pelajar ASEAN V di Bangkok, 18-23 juni. Thailand merebut gelar, ditempel Malaysia dan Singapura. Di kelompok putri, Indonesia juga berada di posisi keempat dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura merebut posisi pertama sampai ketiga.

TIM SEA Games Indonesia merebut perunggu Turnamen Piala Kemerdekaan IV, 25-30 Juni di Jakarta. Gelar juara dan runner-up direbut Filipina dan Korea.

DARI 15 peserta Kejuaraan ABC putra XV, 15-24 September di Beijing, Indonesia Cuma bisa berada di posisi 14. Cina, korea, dan Cina Taipei tampil sebagai juara. Satu-satunya kemenangan Indonesia, 84-41, direbut atas tim Bangladesh.

Di Kuwait, pada Friendship and Peace Games 30 Oktober – 12 November, Indonesia menduduki posisi buncit, delapan. Kekalahan mencolok Indonesia terjadi ketika Yordania menang 117-66.

MEDALI perunggu berhasil diraih tim Indonesia pada the 19th Triennial Intervarsity Games di Jakarta, 11-16 November. Gelar juara dan running-up disabet Malaysia dan Singapura. Posisi yang sama juga di bagian putri.

MEDALI perunggu juga direbut tim putri Indonesia pada SEA Games di Kuala Lumpur.

1990

TIM putri Indonesia yang tampil dalam Kejuaraan Asia XIII di Singapura, 11-17 Maret, masuk kategori B. di kategori itu, Yulisa dan kawan-kawan duduk si peringkat keempat. Juara di Indonesia ini di rebut Korea Utara. Sedangkan kelompok A diambil CIna.

INDONESIA menyertakan empat tim di turnamen Angsapura Trophy ke-4 di Medan, 24-31 Maret. Posisi selengkapnya: 1. Bes Engineering Cooperation (Cina Taipei), 2. Thai Farmers Bank (Thailand), 3. Halim (Kediri), 4. Asaba (Jakarta), 5. SCDF (Singapura), Pahang State (Malaysia), Analisa (medan) dan Pyramid Unta (Medan).

LIONING AG dari Cina merebut gelar Kejuaraan Antarklub Asia IV di Jakarta, 19-25 Juni. Runner-up direbut Bank of Korea, lalu Kazma (Kuawait). Wakil Indonesia, Halim (Kediri), terperosok ke posisi enam dari tujuh peserta.

BANJAR Utama Banjarmasin merebut gelar juara Turnamen Jawa Pos I di Surabaya, 25-30 Agustus. Tempat kedua direbut Johor (Malaysia), lalu Siau Lin (Singapura). Gelar putri direbut Halim (Kediri), disusul CLS (Surabaya) dan Golden Hand (Surabaya).

TIM putra-putri yunior Indonesia ambil bagian di Kejuaraan Asia Yunior XI, 25 Agustus – 2 September di Nagoya, Jepang. Dari 13 peserta, tim putra Indonesia berada di posisi 12, sementara tim putri di posisi Sembilan dari 10 peserta.

ENAM tim putra hadir di Turnamen Piala Bank Swadesi II di Surabaya, 18-23 September. Juaranya 1. Goyu (Filipina), 2. Asaba (Jakarta), 3. Asia Electric (Singapura). Gelar putri masing-masing: 1. Halim (Kediri), 2. Ubaya (Surabaya), 3. Sahabat (Surabaya).

1991

TIM Indonesia tak masuk dalam tiga besar Piala Angsapura V di Medan, 31 Maret – 6 April, gelar juara direbut Shantou (Cina), BEC (Cina Taipei), dan Maba (Malaysia).

PEBASKET-pebasket pelajar putra-putri Indonesia menjadi runner-up Kejuaraan Pelajar ASEAN di Bagiao, Filipina. Kejuaraan diikuti lima Negara.

PADA Kejuaraan ABC XVI di Kobe, Jepang, tim putra Indonesia berada di posisi 14 dari 18 peserta.

MEDALI perak berhasil direbut tim basket putri Indonesia pada SEA Games XVI di Manila 1991. Tapi, tim putra Indonesia menjadi juru kunci dari 5 negara peserta.

1992

PELITA Jaya, wakil Indonesia pada Kejuaraan Internasional Piala William Jones di Cina Taipei, 2-12 Juli, menjadi juru kunci dari 10 peserta.

POSISI keenam dari 14 negara, itulah hasil tim yunior putra Indonesia pada Kejuaraan ABC Yunior di Beijing, Cina. Tim putri masuk peringkat 7 dari 10 peserta.

No comments:

Post a Comment