Sunday, September 13, 2009

Nicknames




Nick name merupakan nama julukan untuk mengingat seseorang yang ada di sekeliling kita. Nama julukan itu bisa beraneka ragam, mulai dari yang mudah diingat, lucu bahkan kadang-kadang suka tidak masuk akal karena memang aneh dan unik ;p

Beberapa nama julukan yang ada di sekeliling gue dan udah dikelompokan menurut gue ya seperti :

Asal tempat
Biasanya nama julukan diberikan karena asal tempat seseorang, contohnya tante gue. Gue dan adek gue dari kecil agak susah ngapalin nama tante gue dan karena dia asalnya dari kota Bogor maka kita bilang nya “Tante Bogor” he2...lucu kan..kadang orang lain yang denger kalo kita pada nyebut “Tante Bogor” sampai terheran-heran dan terbengong-bengong..kok bisa ya ada nama Tante kaya gitu???

Nah ada lagi contoh yang lain, pernah tau kan pemain Basket Indonesian League yang terkenal, “Andy Batam”...karena yang pasti dia berasal dari Batam, terus ada lagi, Vinton dengan nama julukan “Paps” karena asalnya dari Papua. Ada lagi yang namanya Peter “Ambon” ya karena asalnya dari Ambon.

Betuk Fisik
Nama julukan yang berasal dari bentuk fisik seseorang mungkin yang paling mudah dikenali, seperti Beberapa pemain Basket Indonesian League, Rommy “Gepeng” Chandra, Indra “Yettie Gellu” Allen, Yettie Gellu maksudnya karena suka makan, gendut dan lucu ;o).

Beberapa temen kuliah gue, ada yang nama julukannya adalah “Giant” karena badannya besar, dia dapat nama julukan itu karena kebetulan gue telat masuk kelas, jadi nama julukan “Giant” jatuhnya ke dia deh bukan ke gue ;p. Nama Julukan “Boncu” diberikan ke temen gue karena dia “Bontot dan lucu”. Dian “Amoy” salah satu sahabat gue karena memilki bentuk matanya sangat oriental sekali ;p

Andre “Kaku” Tiara, awalnya dipanggil kaku karena gerakan basket nya yang kaku, namun biar kaku tapi sekarang malah sukses kan..bener kaga ndre??. Ada juga Nano “Kutu” Sukarma, karena posturnya kecil namun memiliki gerakan basket yang gesit dan lari yang cepat mirip kutu, jadi susah dijaga oleh team lawan.

Kegemaran
Nama julukan temen gue adalah Deddy “Giggs” Ariefandi karena dia pengemar salah satu pemain Machester United yaitu Ryan Giggs. Temen gue si Peter ambon juga punya nama julukan lain yaitu Peter “The Israel”, karena begitu tergila-gilanya dengan semua yang berbau Israel, semua pernak pernik negara Israel ada di kamar nya.

Kegemaran pada makanan tertentu juga akhirnya dapat menjadi nama julukan, contohnya Fictor “Baboy” Roring, nama julukan ini karena kita tau kegemarannya makan sapi pendek selama kita ikut training centre di Philiphine. Sapi pendek dalam bahasa Tagalog adalah “Baboy” he2.

Skill
Kalau ada yang ikutin street ball game, pastinya kenal banget yang namanya Richard “insane”, ini nama julukan karena skill basket nya dia bener-bener “Gila alias crazy”. Ada juga Bayu “Lunatics”. Di Basket Indonesian League, juga ada Wenda ‘The Train” Wijaya karena skill dribble nya yang sangat cepat termasuk penetrasi saat offense yang mirip laju “The Train”.
Di team Basket Indonesia Muda era akhir 90an, kita pernah tau “The Three Muskerter”, 3 orang yang yang penetrasi offense nya sangat ditakuti yang terdiri dari 3 pemain super cepat yaitu Patrick, Lucky dan Remmy. Ada juga Japra “The 360 degree”, karena skill memutarnya yang sangat menakjubkan.
Kalau di NBA, pasti nya kita kenal Michael “Air” Jordan karena lompatannya yang tinggi seolah-olah bisa melayang di udara, Earvin “Magic” Johnson karena skill dribble dan passing yang sangat baik, dll.

Sifat
Nama julukan karena kita melihat sifat dari orang itu, contoh nya teman gue, “Gerutu” yah begitu deh karena selalu mengerutu he2...(sorry pengs).

Kerahasiaan
Nama julukan ini biasanya diberikan kepada atasan atau orang yang biasanya dijadikan pembicaraan tapi supaya tidak diketahui orang lain. Contohnya, “The Mango” untuk salah satu atasan rekan gue, nama julukan ini disamarkan karena atasan temen gue ini dalam setiap pembicaraan nya sering banget menggunakan istilah “Apple to Apple”, jadi akhirnya disamarkan jadi “Mango to Mango”. Ada juga “The Kaisar” karena kekuasaan atasan temen gue yang sangat mendunia ;p.

Tokoh Kartun atau Film
Nama julukan yang diberikan karena kemiripan seseorang dengan tokoh kartun, contoh “Rastafiore”, “Si Itik” mungkin karena selalu cerewet kwek kwek kwek mirip itik, nama julukan temen gue “Bleki” yang bersalah dari film Meet Joe Black. Ponakan gue kadang kita panggil “Dibo” karena suka banget tokoh kartu “Dino” si Dinoasaurus. Contoh lainnya seperti Billy “The Kid” biar mudah aja manggilnya kaya judul film ;o).
Salah satu temen basket gue memiliki nama jukukan Agus “Angsa” ya karena gaya dan sikap tubuh nya mirip bener dengan tokoh “Agus Angsa”.

Brand
Nama julukan yang kebetulan mirip dengan antara nama asli dan sebuah nama brand, contoh : Alfa “Romeo” Diana.

Nama benda yang biasa digunakan
Temen basket gue dipanggil “Kiput” karena dia dulu kemana-kemana dengan mobil “kijang putih” nya. Kiput kependekan dari “Kijang Putih”.

Masih banyak lagi sih nama julukan yang lain, yang pasti kita memberikan nama julukan adalah untuk lebih mudah mengingat dan kadang agar orang lain tidak mengetahui kita sedang membicarakan siapa.
Nah inget-inget lagi deh nama julukan temen-temen disekeliling kita, pastinya lucu-lucu kan.
Gue juga punya julukan dari temen-temen gue...nama julukan gue adalah “Jemblink” ;o)

No comments:

Post a Comment